Inilah 7 Perbedaan Antara SNMPTN dan SBMPTN

Sebentar lagi setelah tahun baru kan bulan januari dan februari tuh, disini bakal ada jalur pendaftaran masuk perguruan tinggi yang namanya adalah SNMPTN, dan setelah itu bagi yang tidak lolos jalur ini bakal ada jalur lagi yaituSBMPTN. Sebenarnya apasih perbedaan keduanya?oke, langsung saja akan aku bahas ya perbedaan antara SNMPTN dan SBMPTN 2017/2018 biar gak salah paham seperti tahun-tahun sebelumnya yang pasti ramai diperbincankan.

1.UmumSNMPTN adalah kependeka dari Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri sedangkan SBMPTN adalah kependekan dari Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri. Keduanya hanya berbeda dari kata "Nasiona" dan "Bersama" tetapi dalamnya dan alurnya sangatlah berbeda.

2. Jenis SeleksiSNMPTN dalam seleksinya sangat mementingkanhal akademis siswa selama 5 semester pertama di SMA yaitu semester 1-5. Nilai rapor semster 1-5 akan diseleksi oleh panitia pusat dan data nilai dikirim oleh pihak sekolah masing, masing. Fakor yang menentukan kelulusan jalur ini selain nilai rapor adalah prestasi, nilai sekolah, akreditasi, alumni, dsb. Sedangkan jalur SBMPTNadalah jalur masuk yang biasanya dilaksanakan setelah SNMPTN selesai dan seleksi masuknya menggunakan tes akademik secara murni.

3. Tes SNMPTN tidak ada tes masuk dan hanya menggunakan nilai rapor+prestasi, sedangkan SBMPTN murni menggunakan tes yang terdiri dari TPA (Tes Potensi Akademi) dan TKD (Tes Kemampuan Dasar). TKD dapat berupa soshum(untuk jurusan sosial humaniora di PTN yang diambil misalnya kamu mau ambil : Sastra, Ilmu hukum, dsb) dan saintek (untuk jurusan ipa di PTN, misalnya kamu mau ambil FK, MIPA, TEKNIK, Agro, dsb).

4. BiayaBiaya pendaftaran untuk SNMPTN adalah Gratis sedangkan untuk SBMPTN peserta harus membayar Rp200.000,00 (kecuali pelamar bidikmisi = gratis).

5. PelaksanaanSNMPTN Biasanya dilaksanakan bulan februari-april, SBMPTN biasanya bulan Mei

6. Pendaftaruntuk SNMPTN pendaftar hanya dari anak yang tahun tersebut kelas 12. Misalnya nih SNMPTN 2018 nanti, maka yang boleh daftar anak kelas 12 SMA pas tahun 2018 dan kesempatan hanya sekali dalam sehidup hehe. Buat SBMPTN yang boleh daftar adalah siswa 3 tahun setelah lulus. Misalnya nih buat SBMPTN 2018 maka yang boleh ikut adalah siswa lulusan 2016,2017, dan 2018 jadi saingannya lebih berar SBMPTN karenajumlah pesaing banyak.

7. kalo ada yang kurang paham tanya di komentar hehe . . . .Informasi lebih lengkap dan jelas bisa dibaca untuk tahun 2017 kemarin di http://snmptn.ac.id/ dan http://sbmptn.ac.id