Berikut Daftar PTN Favorit di Indonesia Tahun 2018

Bagi kamu yang sudah kelas tiga SMA atau baru saja telah menghadapi ujian nasional dan akan melanjutkan pendidikannya ke perguruan tinggi , pasti telah banyak mencari informasi tentang kampus yang diminati itu. Jika ditelusuri lebih lanjut, Universits yang ada di Indonesia sangatlah banyak, maka dari itu kamu harus bijak dalam memilih Universitas jika tidak ingin terjadi sesuatu yang buruk bagi kamu.Pada zaman sekarang ini, kita harus lebih berhati-hati dalam memilih Universitas atau kampus karena semakinbanyaknya Perguruan Tinggi Swasta yang tidak diakui oleh DIKTI. Karena diluar sana ada banyak orang yang bangga memakai toga untuk wisuda padahal kampus yang dia tempati itu tidak di akui. Dengan begitu, ijazahyang dia dapatkan juga otomatis tidak diakui bahkan gelar yang didapatkan akan sangat mempengaruhi pekerjaanmu kedepannya.Maka dari itu, pintar-pintarlah mencari kampus yang mempunyai popularitas dan akreditasi yang sangat baik. PTN favorit dibawah ini kami rangkum dari hasil SNMPTN dan SBMPTN yang diadakan setiap tahunnya. Di Indonesia ada banyak Universitas favorit, diantaranya sebagai berikut:

1. Universitas Padjajaran
Universitas Padjajaran (Unpad) merupakan sebuah perguruan tinggi yang ada di Jawa Barat, Indonesia. Kampus Unpad berada di kecamatan Jatinogor, Sumedang, Jawa Barat, Kampus ini merupakan kampus utama yang terdiri dari Fakultas Kedokteran, Fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Psikologi, Fakultas Keperawatan, Fakultas MIPA, Fakultas Peternakan, Fakultas Pertanian, Fakultas Teknologi Industri Pertanian, Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan, Fakultas Farmasi, Fakultas Geologi, Fakultas Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Budaya, FISIP, Fakultas Hukum dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.Unpad sekarang ini telah menjadi Perguruan Tinggi Negeri Badan Hukum (PTN BH) dan telah terakreditasi A dari BAN PT.

2. Universitas Hasanuddin
Universitas Hasanuddin (Unhas) merupakan kampus terbaik yang ada di Indonesia Timur yang terletak di Makassar, Sulawesi Selatan. Selain telah terakreditasi A,Unhas juga telah menjadi satu-satunya perguruan tinggi di luar Jawa yang berbadan hukum (PTN BH).Unhas terdiri dari dua kampus dimana kampus utama berada di Daerah Tamalanrea, Makassar. Semua Fakultas yang ada di Unhas berada di kampus utama kecuali Fakultas Teknik. Fakultas Teknik dipindahkan kekampus dua yang ada di Kabupaten Gowa.

3. Universitas Brawijaya
Universitas Brawijaya atau yang sering disingkat denganUB merupakan salah satu perguruan tinggi yang ada di Malang. Jumlah mahasiswa saat ini lebih dari 55 orang dari berbagai strata mulai dari program diploma, program sarjana, program magister, program doktor selain spesialis yang tersebar dalam 15 fakultas dan 2 program pendidikan setara dengan fakultas.UB telah terakreditasi A dari BAN PT dan terdapat tiga fakultas yang terakreditasi internasional yaitu ekonomi dan bisnis, teknologi pertanian dan ilmu administrasi. UB juga terkenal sangat berprestasi di ajang kreatifitas mahasiswa pada PIMNAS, hal itu terbukti dari seringnya UB muncul sebagai juara umum beberapa tahun terakhirini.

4. Universitas Sumatera Utara
Universitas Sumatera Utara (USU) merupakan sebuah PTN yang terletak di Kota Medan, Sumatera Utara dan menjadi universitas terbaik yang ada di Pulau Sumatera.Sekarang ini USU telah memiliki 15 fakultas atau sekolah dengan jumlah program studi yang ditawarkan ada sebanyak 101 terdiri dari 8 doktoral, 15 spesialis, 5 profesi, 52 sarjana, dan 15 diploma.

5. Universitas Indonesia
Universitas Indonesian (UI) merupakan salah satu perguruan tinggi yang konsisten berada di 10 besar universitas terbaik di Indonesia yang kampus utamanya terletak di Depok, Jawa Barat dan di Salemba, Jakarta Pusat. UI juga merupakan salah satu perguruan tinggi di Indonesia yang berbadan Hukum dan telah terakreditasiA dari BAN PT.Fasilitas di UI terbilang sangat lengkap mulai dari perpustakaan, asrama, balai mahasiswa, sarana olahraga, pusat kegiatan mahasiswa, wisma makara, pusat kesehatan mahasiswa, serta bus kampus.

6. Universitas Diponegoro
Universitas Diponegoro atau yang sering disingkat dengan Undip merupakan ptn yang terletak di Semarang, Jawa Tengah. Undip menjadi salah satu PTN favorit karena akreditasinya yang telah terakreditasi A dan telah berbadan Hukum.

7. Universitas Gadjah MadaUnversitas Gadjah Mada (UGM) merupakan perguruan terkenal di Indonesia yang terletak di Yogyakarta. UGM juga telah medapatkan akreditasi A dari BAN PT serta telah menjadi Universitas berbadan hukum. UGM telah banyak menorehkan banyak prestasi mulai dai tingkat nasional sampai tingkat internasional, jadi tidak heran jika UGM menjadi salah satu pilihan bagi orang yang ingin melanjutkan pendidikan di perguruan Tinggi.